15 April 2023 09.04

Mitos dan Fakta: Edisi Ramadhan Check

Tahukah Clickmates bahwa banyak sekali mitos dan fakta mengenai hal yang membatalkan puasa dan sampai hari ini selalu menjadi obrolan yang sering kita dengarkan..  Mitos dan fakta apa saja yang menurut Clickmates paling familiar? Yuk simak berikut ini, apakah ada salah satu?


1.    Menyikat Gigi




Ketika kita berpuasa terutama di bulan Ramadhan seperti sekarang, hal yang sering kita dengar adalah bolehkah menyikat gigi saat berpuasa? Ternyata aktivitas menyikat gigi tidak membatalkan puasa ya Clickmates, jadi menyikat gigi diperbolehkan saat berpuasa bahkan disarankan untuk kebersihan mulut. Namun sebaiknya dilakukan sebelum dzuhur/siang agar tidak makruh dan dilakukan secara tidak berlebihan.

 

2.    Menangis




Apakah Clickmates pernah menangis meskipun sedang berpuasa? Jawabannya  adalah mitos, menangis tidak dapat membatalkan puasa karena mata bukan bagian dari hal yang membatalkan puasa, dan secara anatomi tubuh, mata tidak memiliki saluran menuju kearah tenggorokan, maka dapat disimpulkan bahwa menangis tidak dapat membatalkan puas ya Clickmates.

 

3.    Membersihkan Telinga & Hidung




Ada yang menyebutkan tidak membatalkan puasa, namun ada juga yang menyebutkan bahwa membersihkan telinga & hidung dapat membatalkan puasa karena memasukkan benda, baik itu dalam ukuran besar maupun kecil melalui lubang tubuh manusia hingga menuju bagian dalam itu dapat membatalkan puasa, terutama jika disengaja. Namun sebaiknya jika Clickmates ingin membersihkan telinga disarankan bagian luar nya saja.

 

4.    Keramas




Apakah Clickmates salah satu orang yang mengaggap keramas dapat membatalkan puasa? Keramas tidak membatalkan puasa ya Clickmates, selama air ataupun sabun tidak masuk kedalam telinga atau hidung. Tetapi sebaiknya Clickmates lakukan keramas sebelum subuh atau sesudah maghrib.

 

5. Penggunaan Obat




Tahukah Clickmates bahwa tidak semua penggunaan obat dapat membatalkan puasa ya Clickmates. Ada beberapa jenis penggunaan obat yang diperbolehkan dan itu tidak mempengaruhi batal atau tidaknya puasa. Dalam seminar kesepakatan antara ulama dan ahli medis di Maroko tahun 1997, "An Islamic view of certain contemporary medical issues", ada beberapa penggunaan obat yang tidak membatalkan puasa. Obat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

 

     Obat yang diabsorpsi melalui kulit, seperti Salep, Krim, Gel dan Plester.

     Obat yang diselipkan di lidah, seperti Nitrogliserin untuk Angina Pectoris

     Obat yang diberikan melalui metode Suntik, kecuali pemberian makan

     Obat tetes mata atau telinga

     Obat kumur, sejauh tidak tertelan

     Pemberian Oksigen dan Anastesi

     Obat yang digunakan melalui Vagina, seperti Suppositoris

 

Yuk share informasi ini ke teman-teman Clickmates. Jika ada yang bertanya, segera tanyakan melalui call center kami di 0817 850 888, atau silahkan datang langsung ke Click House terdekat di Melawai, Rawamangun, Tebet, Pantai Indah Kapuk, Bintaro, Gading Serpong, Bandung dan Bekasi.

 

Ingin perawatan dengan hasil yang maksimal? #HanyadiClickHouse