22 September 2020 04.41

Vaksin Flu Memproteksi Diri Dari Penyakit Lainnya

Influenza atau Flu merupakan salah satu penyakit yang rutin menyerang tubuh. Sering kali kita mengabaikan penyakit flu ini, padahal dampaknya banyak sekali bisa merembet ke penyakit lainnya. Jika seseorang menderita flu, gampang sekali penyakit lain menghampiri, dan jika tak tertangani dengan baik, penyakit ini dapat menjadi serius dan berujung kematian.

A.      Apa itu Vaksin Flu ?

Vaksin influenza atau Vaksin Flu merupakan vaksin yang mampu memproteksi kita dari penyakit flu musiman. Vaksin influenza sebaiknya diberikan setiap satu tahun sekali karena meski merupakan penyakit ringan, nyatanya flu bisa menimbulkan masalah besar. Pemberian vaksin flu menyebabkan antibodi berkembang di dalam tubuh sekitar dua minggu setelah vaksinasi. Antibodi ini memberikan perlindungan terhadap infeksi dengan virus yang ada dalam vaksin.

Vaksin flu ini dirancang agar tubuh memiliki kekebalan terhadap virus influenza yang paling umum. Pemberian vaksin dianggap penting untuk mencegah flu bagi orang-orang yang berisiko tinggi terkena komplikasi serius dari influenza. Orang yang berisiko tinggi terkena flu adalah sebagai berikut :

1.       Lansia di atas 65 tahun,

2.       Ibu hamil,

3.       Anak-anak,

4.       Penderita asma,

5.       dan penderita penyakit kronis seperti penyakit jantung dan stroke, penderita diabetes, penderita kanker, anak dengan kondisi neurologi, dan orang dengan HIV/AIDS.

Sebaiknya vaksin influenza dilakukan sebelum musim flu berkembang. Karena, butuh dua pekan agar vaksin ini dapat aktif di tubuh. Di Indonesia, musim flu umumnya muncul saat pergantian musim atau pancaroba dan musim hujan.

B.      Manfaat Vaksin Flu Dapat Mencegah Penyakit Lainnya

Vaksin flu kerap diminati oleh banyak orang, karena manfaatnya sangat banyak dan bisa menghindari dan memproteksi dari penyakit lainnya. Beberapa hal yang harus diketahui bahwa Vaksin flu dapat memproteksi diri adalah sebagai berikut:

1.       Vaksin flu dapat membuat kondisi orang dengan faktor pemberat lain, seperti penyakit paru-paru kronis yang berhubungan dengan saluran pernapasan sedikit lebih baik hingga tidak diperlukan rawat inap untuk perawatan. Contohnya pada orang dengan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

2.       Vaksinasi flu membantu mengurangi risiko infeksi pernapasan akut terkait flu pada wanita hamil hampir dari setengah risikonya

3.       Vaksin flu juga bisa mencegah kondisi penyakit medis menjadi lebih parah, seperti penderita asma, diabetes, dan gagal jantung kongestif.

4.       Vaksin flu pada anak, mencegah adanya komplikasi penyakit lain

5.       Mengurangi risiko rawat inap terkait flu

6.       Bagi orang yang telah mendapatkan vaksinasi flu, tubuhnya akan menjadi lebih kuat terhadap virus flu. Sehingga gejala yang dialami saat terserang virus influenza pun akan terasa lebih ringan

Menurut beberapa orang saat ini vaksin flu adalah salah satu upaya untuk mencegah virus corona, mengapa demikian? di saat orang terkena Flu ketika imun sedang turun. Kemudian apabila pada saat yang sama orang tersebut terinfeksi virus corona dan Flu berat, kemampuan tubuhnya untuk menghalau virus ini menjadi berkurang dan infeksi bisa berkembang menjadi parah. Vaksin Flu memberikan proteksi awal untuk mencegah corona yaitu imun tubuh yang kuat.

Anak-anak juga boleh mendapatkan vaksinasi influenza. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan pemberian vaksinasi influenza pada bayi usia 6 bulan ke atas, jika kondisi bayi dalam keadaan sehat tanpa adanya gangguan kesehatan. 

Vaksin influenza kini telah hadir di Click House untuk dewasa dan anak. Jika Clickmates ingin melakukan treatment ini segera lakukan reservasi di Click House atau jika mau sekedar bertanya bisa langsung hubungi whatsapp 0817 850 888 dan Clickmates bisa berkunjung ke outlet kami yang berada di Melawai, Tebet, Rawamangun, Bandung dan Bintaro. Kami tunggu kedatangannya ya Clickmates!