07 April 2023 03.34

Tipe-Tipe Hiperpigmentasi Hingga Bagaimana Cara Mengatasinya

Salah satu masalah kulit yang cukup mengganggu adalah hiperpigmentasi atau yang biasa disebut dengan flek hitam, dari yang berupa bintik-bintik sampai bercak yang mulai mengelompok hingga menjadi banyak. Kebanyakan perempuan lebih memilih untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi dengan menutupinya menggunakan produk makeup. Namun ternyata dengan perawatan kulit secara rutin dan penggunaan produk skincare yang tepat, masalah hiperpigmentasi ini dapat teratasi. Namun sebelum itu, kita ketahui terlebih dahulu yuk tipe-tipe hiperpigmentasi berikut ini.

 

1.    Sun and Age Spots




Age spots atau juga disebut dengan liver spots merupakan bintik abu-abu, coklat atau hitam yang biasanya muncul pada daerah tubuh yang paling sering terkena paparan sinar matahari seperti wajah, tangan, bahu hingga lengan. Age spots sangat umum ditemui pada orang dewasa berusia di atas 40 tahun, namun tidak menutup kemungkinan dapat ditemui pada seseorang yang masih berusia muda. Penyebab utamanya adalah karena kulit sering terkena paparan sinar matahari yang membuat beberapa warna kulit menjadi berbeda dengan yang lainnya.

 

2.    Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH)




Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH) merupakan salah satu masalah kulit dengan ciri berwarna coklat atau kehitamaan dengan ukuran bisa lebih besar dan ritme yang tidak beraturan yang disebabkan oleh respon dari inflamasi sehingga memicu produksi melanin berlebih. Hal ini ditandai dengan munculnya noda kemerahan atau kecokelatan yang muncul di bagian wajah dan sering kita sebut sebagai bekas jerawat. PIH dapat juga terjadi pada orang yang melakukan prosedur perawatan kulit tertentu sepertin Laser hingga Mikrodermabrasi.

 

3.    Freckles




Freckles merupakan bintik-bintik berwarna cokelat yang biasa ditemukan pada orang yang berkulit terang, dan dapat terlihat lebih jelas ketika terkena sinar matahari. Warna freckles sendiri disebabkan oleh peningkatan produksi melanin, dan semakin lama waktu yang Clickmates habiskan dibawah sinar matahari, maka semakin banyak melanin yang diproduksi. Freckles dapat memudar saat cuaca menjadi lebih dingin, namun akan kembali tampak jelas ketika cuaca menjadi panas, jadi jangan khawatir jika ini terjadi. Kondisi ini juga bersifat genetik dan tidak berbahaya, yang berarti siapa pun bisa mendapatkannya tergantung genetiknya.

 

4.    Melasma




Melasma atau biasa dikenal sebagai chloasma merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi kulit, di mana terbentuk pigmentasi berwarna cokelat muda hingga cokelat tua, atau abu-abu.  Melasma terjadi karena sel warna kulit (melanogrit) memproduksi warna secara berlebihan. Penyebab kenaikannya sendiri belum dipastikan, namun ada beberapa pemicu potensial yang menyebabkan munculnya melasma seperti hormon, paparan sinar matahari, produksi skincare, hingga faktor genetik. Melasma sendiri termasuk ke dalam penyakit kronis yang dapat terjadi selama 3 bulan, selama masa kehamilan, hingga selama bertahun-tahun.

 

Hiperpigmentasi pada dasarnya tidak berbahaya, namun jika tidak diatasi, maka fleknya akan semakin sulit untuk dihilangkan. Kalau Clickmates merasa hiperpigmentasi kulit wajah ini cukup mengganggu, maka Clickmates dapat mengatasinya dengan cara melakukan perawatan secara rutin supaya hasil yang didapatkan maksimal.

 

Perawatan yang paling direkomendasikan untuk mengatasi hiperpigmentasi di Click House adalah dengan mencoba treatment Picolaser Face Brightening,  Peptide Melasma Injection, DNA Salmon Skin Booster, Super Glow Peel, Laser Body Spot Removal, hingga Instant Body Peeling. Clickmates juga dapat menggunakan skincare yang direkomendasikan Dokter dengan kandungan bahan aktif yang berfungsi untuk mencerahkan. Clickmates dapat menggunakan skincare Brightening Series Flawless Package dari Click House yang dapat Clickmates beli di official online shop Click House.

 

Yuk segera konsultasikan secara GRATIS bersama Dokter terbaik kamu. Dapatkan berbagai produk Click House dengan mengunjungi official merchant kami di Shopee, Tokopedia, Lazadal, Blibli, KALCare, TikTok, dan www.myclickhouse.com. Atau silahkan datang langsung ke Click House terdekat di Melawai, Rawamangun, Tebet, Pantai Indah Kapuk, Bintaro, Gading Serpong, Bandung dan Bekasi.

 

Ingin perawatan dengan hasil yang maksimal? #HanyadiClickHouse