23 November 2022 02.52

Skin Types 101: Mengenal Lebih Jauh Tentang Jenis Kulit

Jenis Kulit Apa Yang Aku Miliki?

 

Melakukan perawatan kulit dimulai dengan terlebih dahulu mengetahui jenis kulit Clickmates. Penting untuk kita mengenal lebih jauh tentang kulit agar mengetahui perawatan apa yang tepat untuk dilakukan. Jenis kulit yang berbeda memiliki kebutuhan dan cara yang berbeda dalam merawat kulit agar mendapatkan hasil yang maksimal hingga tampak lebih cantik dan sehat.

 

Jenis Kulit Ada Apa Saja?

 

Secara umum jenis kulit terbagi menjadi 5 yaitu kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, kulit kombinasi dan kulit sensitif. Selain itu penting juga untuk diingat bahwa jenis kulit dapat berubah seiring bertambahnya usia. Faktor yang menentukan biasanya terjadi karena faktor genetik, hingga faktor eksternal seperti paparan radikal bebas, iklim,  sinar matahari hingga faktor gaya hidup.

 

Mari Berkenalan Dengan Jenis Kulit!

 

1.    Kulit Normal

 

Kulit normal merupakan kondisi kulit yang memiliki keseimbangan antara jumlah kandungan air dan minyak. Sehingga, kondisinya tidak terlalu kering tapi juga tidak terlalu berminyak dan jenis kulit normal tidak menunjukkan pori-pori yang membesar atau tanda-tanda sensitivitas. Maka dari itu jenis kulit normal memerlukan perawatan kulit sederhana untuk membantu menjaga keseimbangan kulit karena kulit normal sangat cocok dengan sebagian besar perawatan.

 

2.    Kulit Kering

 

Kulit kering merupakan jenis kulit yang memiliki tingkat kelembaban yang sangat rendah, Sehingga, mengakibatkan kulit menjadi kering dan mudah pecah-pecah hingga terkelupas. Kulit kering biasanya menghasilkan tekstur yang lebih kasar dibandingkan dengan jenis kulit yang lainnya, garis-garis halus dan kerutan akan mudah terlihat pada permukaan kulit.

 

3.    Kulit Berminyak

 

Kulit berminyak adalah kondisi dimana kulit menghasilkan sebum berlebih atau minyak alami yang diproduksi oleh kulit. Minyak alami yang dihasilkan dari kulit sangat penting bagi kesehatan karena dapat menghidrasi kulit secara alami. Tetapi jika sebum terproduksi secara berlebihan, dapat menyebabkan pori-pori membesar, timbulnya noda, hingga berjerawat. Jenis kulit berminyak dapat mengalami fluktuasi produksi sebum secara berlebihan tergantung dengan perubahan hormon, stres dan perubahan iklim cuaca.

 

4.    Kulit Kombinasi

 

Kulit kombinasi adalah jenis kulit yang umum dimiliki oleh sebagian banyak  orang, dimana kulit menunjukkan tanda-tanda kekeringan hingga sifat berminyak secara seimbang. Kulit berminyak biasanya muncul di area T-Zone atau sekitar hidung, dagu, dan dahi, sementara kulit kombinasi bisa berupa pori-pori yang membesar hingga mudah berkomedo.

 

5.    Kulit Sensitif

 

Yang terakhir adalah jenis kulit sensitif yang dimana kulit ini memiliki karakteristik yang lebih rentan terhadap tanda-tanda kemerahan dan peradangan karena lebih mudah iritasi. Selain itu jenis kulit ini mudah bereaksi terhadap faktor tertentu, seperti makanan, cuaca, lingkungan, hingga produk perawatan yang tidak tepat. Maka dari itu pastikan Clickmates untuk konsultasikan terlebih dahulu dengan Dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

 

Mengapa Penting Memilih Produk Perawatan Kulit Berdasarkan Jenis Kulit?

 

Demi mendapatkan kulit yang cantik dan sehat, penting untuk memperhatikan produk perawatan sesuai dengan jenis kulit. Masih banyak dari kita yang hanya berfokus pada manfaat yang diberikan dari sebua produk tetapi melupakan apakah produk tersebut sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki atau tidak. Padahal dalam memilih produk perawatan yang tepat dapat membantu Clickmates mendapatkan manfaat dan hasil yang maksimal. Maka ada istilah yang terbaik bukanlah yang paling mahal, namun yang terbaik adalah yang tepat dan sesuai pada penerapannya.

 

Dalam penerapannya sebagai contoh jika kulit Clickmates kering, perlu mendapatkan produk perawatan kulit yang kaya akan kandungan mineralnya untuk menjaga agar kulit tetap terhidrasi dan tidak mudah mengering. Jika kulit Clickmates cenderung memiliki kulit yang berminyak, maka yang dibutuhkan ada produk dengan tekstur yang lebih ringan untuk menghindari produksi minyak berlebih hingga penyumbatan di pori-pori yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

 

Dapatkan berbagai produk skincare dari Click House yang bisa Clickmates dapatkan secara online melalui official merchant kami di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Untuk mengetahui jenis kulit Clickmates, segera konsultasikan terlebih dahulu bersama Dokter terbaik kami secara GRATIS melalui Call Center kami di 0817 850 888 atau silahkan datang langsung ke outlet Click House terdekat di Melawai, Rawamangun, Tebet, Bandung, Bintaro, Gading Serpong, dan pantai Indah Kapuk.

 

Ingin perawatan dengan hasil yang maksimal? #HanyadiClickHouse