31 July 2023 06.52

Produksi Kolagen Menurun Apa Penyebabnya sih?

Tahukah Clickmates, kolagen sangat berperan besar dalam membuat kulit menjadi lebih halus, kenyal, bebas keriput, dan tampak terlihat awet muda. Namun produksi kolagen dapat menurun seiring bertambahnya waktu dan usia sehingga memicu munculnya tanda-tanda penuaan. Oleh karena itu, jumlah kolagen dalam tubuh tetap perlu dijaga yaa Clickmates..

 

Kolagen sendiri merupakan protein dalam tubuh yang berperan sebagai zat utama untuk kesehatan kulit hingga tulang. Meski diproduksi secara alami oleh tubuh, kolagen dapat menurun seiring bertambahnya usia. Manfaat kolagen sangat penting lho Clickmates untuk membuat kulit menjadi lebih kencang dan tampak awet muda. Namun apa sih penyebab menurunnya kolagen pada tubuh? Simak yuk berikut ini!


1.    Sering Terpapar Sinar Matahari

 

Efek dari seringnya terparan sinar matahari dalam jangka yang panjang dapat mempercepat proses penuaan terhadap kulit. Hal ini karena paparan sinar matarhari dapat merusak kolagen dan elastin di lapisan kulit paling dalam atau dermis. Rusaknya kolagen dan elastin sebagai protein yang baik untuk kulit, dapat membuat kulit kehilangan kelenturannya. Oleh karena itu, kulit akan terlihat kendur dan keriput sebelum waktunya.

 

2.    Kebiasaan Merokok

 

Seperti apa yang kita ketahui bahwa kandungan yang ada di dalam rokok sangat berbahaya dan tidak baik untuk kesehatan kulit. Salah satunya adalah dapat membuat aliran darah tidak berjalan dengan lancar dan dapat membuat kulit kekurangan oksigen hingga nutrisi penting lainnya. Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat merusak kolagen dan elastin yang dapat membuat kulit menjadi kendur.

 

3.    Kualitas Tidur Yang Buruk

 

Penyebab selanjutnya adalah kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk. Hal ini dapat menyebabkan kulit tampak terlihat kusam dan dapat mempercepat penuaan dini. Selain itu kurangnya aktivitas tidur dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat merusak kolagen pada kulit.

 

4.    Mengonsumsi Makanan Tinggi Gula

 

Penyuka makanan yang manis-manis? Eitsss, sebaiknya hal ini bisa Clickmates kurangi karena terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi gula itu tidak baik dan dapat menyebabkan rusaknya kolagen di dalam kulit. Mengonsumsi makanan manis juga dapat menghambat kemampuan kolagen untuk memperbaiki dirinya sendiri.

 

5.    Faktor Usia

 

Penyebab terakhir menurunnya kolagen adalah faktor usia. Ketika mulai menginjakan usia 20 tahun, kita akan kehilangan kolagen 1-2% setiap tahunnya. Hal ini bisa menjadi penyebab kulit mulai mengalami penuaan dini seperti mulainya timbul kerutan hingga kehilangan kekuatan dan elastisitas kulit.

 

Cara Meningkatkan Produksi Kolagen


Ketika kulit mengalami penurunan produksi kolagen, hal ini dapat menyebabkan masalah baru pada kulit, salah satunya adalah kulit tak lagi kencang karena penuaan. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar produksi kolagen tetap terjaga dan Clickmates pun tetap terlihat awet muda.

 

·      Mengonsumsi Makanan & Suplemen Kolagen

 

Faktanya, kolagen tersusun dari asam amino. Untuk menjaga dan meningkatkan produksi kolagen, Clickmates dapat menjaga pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan kaya akan protein untuk menghasilkan asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan produksi kolagen. Makanan mengandung asam amino yang dapat Clickmates konsumsi adalah susu, daging, telur, ikan. Produksi kolagen juga dapat dibantu dengan mengonsumsi suplemen kolagen yang mengandung vitamin C, seperti jeruk.


·      Melakukan Treatment di Click House

 

Untuk mengembalikan produksi kolagen agar tetap dapat memenuhi kebutuhan kulit dan mendapatkan keelastisannya kembali, Clickmates dapat mencoba treatment Instant Skin Rejuvenation, HIFU Face Tightening, hingga Picolaser Face Rejuvenation di Click House, sehingga kulit menjadi lebih kencang.

 

Yuk coba treatmentnya, segera konsultasikan secara GRATIS bersama Dokter  terbaik kami melalui call center kami di 0817 850 888, atau silahkan datang langsung ke outlet Click House terdekat kami di Melawai, Rawamangun, Tebet, Pantai Indah Kapuk, Bintaro, Gading Serpong, Bandung dan Bekasi.

 

Ingin perawatan dengan hasil yang maksimal? #HanyadiClickHouse