11 January 2023 03.26

Melasma: Penyebabnya, Jenis, Hingga Cara Mengatasinya!

Ketika sedang bercermin, terlihat tampak bercak cokelat atau abu-abu pada kulit wajah, walaupun kecil tapi memang cukup membuat kita kesal! Jika Clickmates mengalaminya, itu bisa jadi tanda melasma. Tampaknya memang umum terjadi karena melasma bisa terjadi sama siapa saja, baik Clickmates cowok ataupun cewek. Namun, memang cewek-lah lebih berisiko mengalami masalah kulit ini. Menurut peneliatan oleh American Academy of Dermatology, melasma dialami oleh 90 persen perempuan.

 

Seperti Apa Itu Melasma?




Melasma, atau disebut sebagai Chloasma, tampaknya lebih banyak memengaruhi perempuan saat hamil atau umum terjadi pada usia 30 keatas. Melasma digambarkan sebagai bercak di kulit berwarna gelap, yang sebagian besar muncul di area dahi, pipi, hingga hidung. Kemunculannya bisa merata di area wajah. Namun pada hal-hal tertentu, seperti akibat paparan sinar matahari misalnya, melasma bisa timbul di area seperti lengan bagian bawah atau leher.

 

Apa Penyebab Melasma Muncul?

 

Menurut ahli Dermatologis, penyebab Melasma terjadi dikarenakan disfungsi melanosit (sel penghasil melanin atau pigmen gelap) yang diduga menyebabkan produksi warna gelap di kulit secara berlebihan. Penyebab lainnya adalah dikarenakan terlalu sering terpapar sinar matahari, penggunaan produk perawatan kulit yang tidak tepat, perubahan hormon selama kehamilan, hingga faktor keturunan.

 

Jenis-Jenis Melasma

 

Sesuai peneliatan, Melasma terbagi menjadi tiga jenis yang disebut sebagai Epidermal, Dermal, dan Campuran.

 

·      Melasma Epidermal ditandai dengan bercak cokelat gelap dengan batas yang jelas. Jenis ini lebih mudah terlihat di bawah cahaya dan cenderung merespons baik terhadap perawatan yang dilakukan.

 

·      Melasma Dermal, tandanya adalah bercak cokelat muda yang batasnya kurang jelas. Jenis ini tidak terlihatdi di bawah cahaya dan kurang merespons terhadap perawatan.

 

·      Melasma Campuran, yang merupakan jenis paling umum dan relatif responsif terhadap perawatan.

 

Cara Mengatasi Melasma

 

Treatment Peptide Melasma Injection merupakan perawatan kulit dengan inovasi terbaru dari Click House yang cocok untuk mengatasi dan mengurangi hiperpigmentasi seperti Melasma. Perawatan ini bertujuan untuk mengatasi pigmentasi dan mencerahkan wajah serta mencegah munculnya noda hitam pada wajah. Selain itu mampu untuk menghidrasi kulit yang sangat penting untuk kulit berminyak dan kering sehingga kulit wajah dan leher tampak lebih sehat, cerah dan awet muda.

 

Bila Clickmates merasa terganggu dengan perubahan warna yang terjadi akibat Melasma, Yuk konsultasikan bersama Dokter terbaik baik secara GRATIS atau silahkan datang langsung ke Click House terdekat di Melawai, Rawamangun, Tebet, Pantai Indah Kapuk, Bintaro, Gading Serpong, Bandung, dan Bekasi.

 

Ingin perawatan dengan hasil yang maksimal? #HanyadiClickHouse