05 March 2021 11.12

Kenali perbedaan flu dengan virus Covid-19 dan pentingnya vaksin flu!

Tak terasa di tahun yang baru ini kita masih hidup di tengah pandemi. Protokol kesehatan juga masih tetap dilakukan secara ketat agar kita tidak terpapar virus Covid-19. Keadaan yang belum pasti hingga saat ini kapan pandemi akan berakhir membuat kita menjadi khawatir apabila sedang terkena flu, padahal flu dan virus Covid-19 tentu mempunyai perbedaan yang signifikan.

Ada berbagai macam gejala yang bisa kita ketahui perbedaannya apabila kita sedang flu ataupun terinfeksi virus Covid-19. Namun, gejalanya memang terlihat mirip seperti sedang terkena flu atau pun alergi, sehingga membuat kita menjadi bingung. Ketahui yuk perbedaannya sebagai berkut :

A.       Perbedaan gejala Flu & Covid-19

Meski tampaknya Clickmates sedang terinfeksi virus Covid-19, tapi bisa jadi ternyata hanya mengalami alergi musiman atau biasa disebut flu/influenza. Covid-19 dan flu disebabkan oleh virus. Tetapi, setiap infeksi ini virusnya berbeda. Berikut gejala yang dialami ketika terkena flu dan Covid 19 :

1. Gejala umum Covid-19 : 

- Demam tinggi disertai menggigil

- Batuk kering

- Kelelahan

- Sesak

- Hilangnya indra penciuman

- Terkadang hilang juga indra perasa

2. Gejala Flu Biasa :

- Bersin-bersin

- Hidung tersumbat dan berair

- Sakit tenggorokan

-  Sakit kepala ringan

- Batuk

- Demam (jarang)

Jadi, meskipun tampak mirip gejalanya namun kita masih bisa menemukan perbedaannya secara jeli. Infeksi virus Covid-19 ini bisa menimbulkan gejala yang ringan hingga yang sangat berat dan mengancam nyawa. Apabila Clickmates mengalami gejala-gejala flu seperti diatas namun tak kunjung sembuh dalam waktu 1-2 minggu segeralah periksakan ke dokter untuk dicek lebih lanjut.

B.       Mencegah Flu di musim hujan dan masa pandemi

Ada baiknya kita memang melakukan pencegahan Flu pada masa pandemi seperti saat ini, apalagi saat ini musim hujan sedang terus mengguyur sekitar wilayah indonesia. Untuk tetap memiliki imun yang baik, kita dapat menghindarinya dengan Vaksin Influenza.

Clickmates dapat melakukan Vaksin Influenza di Click House. Dengan pemberian vaksin ini risiko untuk terkena flu akan berkurang atau gejala penyakit flu yang dialami akan cenderung lebih ringan dibandingkan jika tidak mendapatkan vaksin. Kekebalan terhadap virus flu yang diperoleh melalui Vaksin Influenza cukup membantu (70% efektif). Maka dari itu, kita wajib menjaga kesehatan! Sehingga terhindar dari flu yang terkadang membuat kita worry akan gejalanya yang mirip dengan Covid-19. Vaksin flu ini dapat diberikan kepada orang dewasa dan juga untuk anak – anak. Tentunya manfaat vaksin flu yang baik bagi kesehatan dan sangat aman untuk dilakukan.

Nah, jangan lupa juga, untuk selalu mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker, sering mencuci tanganmenjaga jarak, tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut sampai tangan sudah bersihjangan keluar rumah apabila sedang sakit dan tentunya menjaga imunitas tubuh tetap kuat. jika protokol kesetahan di lakukan dengan baik tentunya potensi tertular virus menyebab covid-19 atau influenza lebih rendah.

Semoga setelah membaca penjelasan diatas kita jadi lebih mengerti perbedaan antara flu dan Covid-19, juga cara mencegahnya. Jika Clickmates ingin segera melakukan Vaksin Influenza di Click House langsung aja yuk,  ke Click House dengan reservasi melalui melalui whatsapp 0817 850 888 dan langsung berkunjung ke outlet kami yang berada di Melawai, Tebet, Rawamangun, Bandung, Bintaro dan Gading Serpong. Kami tunggu kedatangannya ya Clickmates!