16 April 2021 16.17

7 Tahapan Skrining Kanker Kulit Mandiri di Rumah

Deteksi dini adalah faktor yang krusial dalam menangani masalah melanoma dan kanker kulit. Tetapi ada banyak orang yang masih tidak tahu apa yang harus dicari saat melakukan skrining kanker kulit mandiri di rumah.

Well, solusi termudahnya sih dengan menjadwalkan pertemuan di Click House sekarang juga. Tapi kalau kamu masih gali-gali informasi tentang topik ini, kamu bisa gunakan panduan ini untuk mempelajari cara melakukan pemeriksaan kanker kulit mandiri di rumah dan tanda-tanda apa yang harus dicari.

 

Langkah-langkah untuk Melakukan Skrining Mandiri

Bagi kebanyakan orang, mengecek kesehatan kulit untuk mencari sesuatu yang tidak biasa sekitar sebulan sekali sudah cukup. Namun, kalau kamu tipikal orang yang berisiko lebih tinggi terkena kanker kulit atau memiliki banyak tahi lalat, kamu mungkin perlu lebih sering memeriksakan kulit kamu. Jangan panik dan ikuti langkah-langkah dasar berikut:

  1. Mulailah dengan wajah, termasuk area yang sulit dilihat seperti ujung telinga, garis rambut, dan bibir.
  2. Pindah ke kulit kepala. Kamu kemungkinan besar perlu menggunakan cermin untuk dapat melakukan langkah ini.
  3. Periksa tangan, pergelangan tangan, dan lengan bawah. Pastikan untuk memeriksa punggung dan telapak tangan, serta di antara jari dan di bawah kuku.
  4. Gunakan cermin untuk memeriksa lengan yang satunya lagi dengan tidak melupakan bagian belakang lengan dan ketiak.
  5. Periksa bagian depan tubuh lainnya di cermin, termasuk leher, dada, perut, dan kaki.
  6. Kalau kamu bisa memegang cermin kecil di depan cermin yang lebih besar, maka berbaliklah dan periksa punggung, bokong, dan bagian belakang kaki.
  7. Periksa kaki, baik bagian atas maupun telapak kaki, dan periksa sela-sela jari kaki dan bawah kuku kaki.

 

Tanda-Tanda Awal dari Kanker Kulit

Saat sedang melakukan skrining kanker kulit mandiri, cari tanda-tanda aneh berikut ini:

  • Asimetri. Apakah kedua sisi tahi lalat terlihat sama, atau adakah perbedaan dari satu sisi ke sisi lainnya?
  • Batas area yang tidak beraturan. Cari batas yang tidak seragam atau yang tidak terlihat dengan jelas.
  • Warna yang bervariasi dan tidak seragam. Kebanyakan tahi lalat normal memiliki satu warna solid. Sementara pra-kanker dan kanker dapat bervariasi dalam warna dan dapat mencakup warna coklat, hitam, putih, merah, atau bahkan biru.
  • Diameter lebih besar dari ukuran penghapus pensil. Meskipun melanoma bisa jauh lebih kecil dari ini, standar ini adalah ukuran yang biasanya terjadi saat didiagnosis.
  • Perubahan. Kalau kamu melihat tahi lalat terlihat berbeda setiap kali kamu melakukan pemeriksaan mandiri untuk kanker kulit, maka spot itu bisa jadi adalah melanoma.

 

Kesimpulan

Harus diakui memang kalau kanker kulit sangat sulit dideteksi secara dini tapi dengan pemeriksaan rutin dengan dokter kulit di Click House kamu bisa dengan mudah mendeteksi perubahan apa pun dan terhindar dari masalah yang lebih besar. Plus, sekarang Click House sudah menyediakan layanan Laser Body Spot Removal yang tidak hanya bisa menghilangkan noda hitam di seluruh area tubuh tapi juga bisa membuat kulit tubuh menjadi lebih mulus. Yakin ga mau? Lagi ada promo lho!