01 December 2020 04.35

Mengenal Jenis-Jenis Jerawat yang sering muncul pada Remaja

Permasalahan kulit wajah yang kerap kali dialami oleh anak remaja adalah jerawat. Hal itu dikarenakan efek dari perubahan hormon saat pubertas. Saat masa pubertas, produksi hormon androgen pada tubuh remaja meningkat dan menyebabkan kelenjar minyak menghasilkan terlalu banyak sebum.

Walaupun jerawat bukan kondisi yang serius, tetapi jika tidak dapat diatasi dengan baik akan menyebabkan bekas luka. Perubahan hormon, seperti yang terjadi selama masa remaja dan biasanya sangat berperan sehingga memunculkan jerawat dan dapat menimbulkan bekasnya. Kenali jenis jerawatnya yuk agar kita dapat lebih waspada dan dapat ditangani dengan benar.

Jenis-Jenis Jerawat

1.      Komedo Hitam dan Komedo Putih

Komedo muncul sebagai akibat dari pori-pori yang tersumbat oleh minyak berlebih, bakteri, dan sel kulit mati. Terdapat dua jenis komedo yaitu blackhead dan whitehead. Bila permukaan komedo tertutup kulit, maka jenis ini dikenal sebagai komedo putih. Sedangkan, komedo yang permukaannya tidak tertutup kulit akan berubah warna menjadi hitam atau kecoklatan akibat adanya paparan udara. Sebaiknya ketahui perbedaan komedo hitam maupun komedo putih agar dapat menentukan penanganan yang tepat.

2.      Papula

Jenis jerawat ini timbul di permukaan kulit, tekstur jerawat dapat teraba sebagai tonjolan padat dan terasa nyeri. Saat kulit banyak mengalami kelebihan minyak, bakteri, dan sel kulit mati terdorong lebih dalam ke dalam kulit sehingga menyebabkan peradangan (kemerahan dan pembengkakan). Clickmates dapat melihat penampakan jerawat ini ketika kondisi nya sedang muncul benjolan kecil berwarna merah. Jerawat ini dapat menganggu penampilan sehingga harus ditangani dengan tepat.

3.      Pustula

Jenis jerawat pustula ini memiliki bentuk seperti benjolan yang besar dan lunak.

Biasanya berisi nanah. perawatan yang signifikan karena jerawatnya menembus jauh ke dalam kulit, dan sering menyebabkan bekas jerawat permanen ketika mereka sembuh. Semakin cepat memulai perawatan, semakin sedikit bekas luka permanen yang dimiliki. jenis jerawat yang memiliki bentuk seperti benjolan yang besar dan lunak. Biasanya berisi nanah

4.      Nodula

Jerawat ini adalah jerawat yang lebih serius dibanding beberapa jerawat yang telah dijelaskan diatas. Hal ini terjadi karena folikel yang tersumbat mengalami infeksi, iritasi, dan tumbuhmenjadi lebihbesar. Jenis jerawat inflamasi yang terbentuk di bawah kulit ini dapat menimbulkan rasa sakit.

Setelah Clickmates mengenal jenis - jenis jerawat tersebut, pastinya Clickmates akan lebih mengetahui jenis perawatan yang tepat untuk mengatasi masalah jerawat pada kulit wajah. Jangan sembarangan untuk memilih perawatan untuk kulit

berjerawat, karena khawatir langkahnya salah dan berakibat menimbulkan bekas pada wajah.

Cobain yuk, treatment acne di Click House yang diantaranya ada Acne Removal, Acne Injection, Brightening Acne Peel, Signature Modern Facial For Acne, dan Dermal Infusion For Acne. Sebelum melakukan treatment baiknya dikonsultasikan terlebih dahulu ya kepada dokter kami, agar perawatan yang dipilih sesuai dengan kondisi kulit wajah yang sedang berjerawat dan pastikan reservasi terlebih dahulu sebelum kedatangan.

Clickmates juga dapat membeli produk skincare khusus jerawat yang sudah tersedia di Click House dan dapat dibeli melalui official Merchant di Tokopedia, Shopee dan Lazada. Jika Clickmates memiliki pertanyaan lebih lanjut, bisa langsung hubungi whatsapp 0817 850 888.

Kami tunggu kedatangannya Clickmates!