30 March 2023 03.35

Kulit Pria vs Kulit Wanita Apa Saja Perbedaannya

Kulit merupakan organ terluar tubuh yang memiliki fungsi penting bagi manusia sebagai pelindung organ tubuh bagian dalam atau sebagai pelindung dari berbagai penyakit. Lapisan kulit terdiri dari epidermis, dermis, dan hipodermis yang tersusun dari berbagai komponen, termasuk air, protein, hingga lemak. Namun tahukah Clickmates bahwa kulit pria memiliki perbedaan dibanding kulit wanita? Sekilas memang tampak tidak ada bedanya bukan? Namun ternyata kulit pria dan wanita memiliki karakteristik. Ingin tahu apa saja perbedaannya? Berikut perbedaan kulit pria dan wanita yang perlu Clickmates ketahui.

 

1. Ketebalan Kulit

 

Perbedaan pertama kulit pria dan wanita adalah dalam hal ketebalan kulit. Hormon adalah faktor yang membuat ketebalan kulit mereka berbeda, rata-rata kulit pria lebih tebal 20-25% dari kulit wanita. Karena memiliki kulit yang lebih tebal, maka kulit pria juga cenderung lebih kuat jika dibandingkan dengan kulit wanita.

 

2. Tekstur Kulit

 

Seperti apa yang kita ketahui bahwa tekstur kulit pria lebih kasar dibandingkan wanita. Hal ini dipengaruhi oleh tebalnya lapisan kulit yang dimiliki pria dibanding wanita yang memberikan tekstur berbeda satu sama lain. Selain itu pria memiliki hormon Testosteron yang membuat kulit pria semakin keras seiring berjalannya waktu.

 

3. Produksi Sebum

 

Sebum merupakan minyak yang diproduksi secara alami oleh kulit yang memiliki beragam fungsi penting untuk menjaga kulit tetap sehat, salah satunya untuk melembabkan. Jika diperhatikan baik-baik, kulit pria terlihat lebih berminyak dibandingkan kulit wanita. Hal ini dikarenakan pria memiliki  kelenjar sebaceous (sebum) lebih aktif daripada wanita. Dengan demikian, produksi sebum pada kulit pria hampir dua kali lipat dibanding wanita.

 

4. Pori-Pori

 

Kulit pria memiliki pori-pori yang lebih besar dan memproduksi minyak lebih banyak dibanding wanita. Maka dari itu pria lebih rentan memiliki jerawat, apalagi jika tidak membersihkan wajah secara teratur. Bahkan pada pria, pori-pori itu tampak terlihat secara kasat mata pada pipi, hidung dan dahi.

 

5. Tingkat Penuaan

 

Kepadatan Kolagen pada kulit memiliki tanggung jawab sebagai kunci kekuatan dalam menghadapi tanda-tanda penuaan, dalam hal ini pria memiliki kepadatan kolagen yang lebih tinggi dibanding wanita. Dengan demikian kulit pria akan lebih awet muda dibandingkan dengan wanita.

 

Tips Perawatan Kulit Untuk Pria




1.    Rutin membersikan wajah

2.    Bercukur dengan menggunakan produk yang aman agar terhindar dari iritasi

3.    Menggunakan moisturizer agar kulit tetap lembap, terutama setelah bercukur

4.    Membersihkan wajah dengan facial wash sesuai jenis kulit dan diikuti dengan toner

5.    Gunakan serum yang diperkaya vitamin C karena dapat mencerahkan kulit

6.    Menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar matahari

7.    Hindari merokok dan minum alkohol untuk mendapatkan versi terbaik dari kulit

8.    Makan makanan bergizi dan banyak minum air putih

9.    Eksfoliasi 1 minggu sekali

10.Melakukan perawatan wajah di Click House untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat

 

Tips Perawatan Kulit Untuk Wanita




1.    Rutin membersikan wajah

2.    Pastikan selalu membersihkan make up sebelum tidur

3.    Membersihkan wajah dengan facial wash sesuai jenis kulit dan diikuti dengan toner

4.    Gunakan serum yang diperkaya denghan nutrisi dan kandungan lainnya yang dapat membuat kulit lebih sehat

5.    Jangan skip sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar matahari

6.    Menerapkan moisturizer secara teratur, gunakanlah setelah mandi

7.    Hindari merokok dan minum alkohol untuk kesehatan kulit

8.    Makan makanan bergizi dan banyak minum air putih

9.    Eksfoliasi 1 minggu sekali

10.Melakukan perawatan di Click House untuk mendapatkan kulit yang sehat

 

Dapatkan berbagai produk skincare dari Click House yang bisa Clickmates temukan di official merchant kami di Shopee, Tokopedia dan Lazada. Yuk segera konsultasikan kulit Clickmates secara GRATIS bersama Dokter terbaik kami melalui Call Center di 0817 850 888, atau silahkan datang langsung ke outlet Click House terdekat di Melawai, Rawamangun, Tebet, Bandung, Bintaro, Gading Serpong, Pantai Indah Kapuk, dan Bekasi.

 

Ingin perawatan dengan hasil yang maksimal? #HanyadiClickHouse