21 May 2020 07.20

Kebiasaan Tidur yang Baik Bisa Ngaruh ke Kesehatan Kulit? Bisa Dong

   Membersihkan, mengencangkan, dan melembabkan trus udah ? Nope, buat kamu yang mau kulit bercahaya; kualitas dan kesehatan kulit akan tergantung pada banyak faktor dan kebiasaan yang mungkin tidak pernah Clickmates pikirkan sebelumnya.

Memang sih, perawatan yang rutin dan mengikuti tips perawatan kulit yang intensif akan memberikan hasil yang positif tapi kalau fondasi kesehatan kulitnya udah ga benar, maka perawatan semahal apapun akan sulit untuk bertahan lama.

Salah satu kebiasaan utama untuk mendapatkan kulit yang sehat secara alami adalah dengan menjaga kualitas tidur yang baik. Gimana caranya?  Ikuti terus artikel ini.

Rahasia Dibalik Waktu Istirahat yang Cukup

Sewaktu kita tidur, tubuh akan sibuk memperbaiki dirinya sendiri dengan segala cara, termasuk memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Kulit akan melepaskan sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan yang baru.

Kulit juga akan membangun kolagen, elastin, dan asam hialuronat yang membantu menjaga kulit tetap sehat. Lebih lanjut, peningkatan kadar hormon tidur melatonin dapat melawan garis-garis halus dan kerutan, bintik-bintik penuaan, dan kanker kulit.

Kurangnya waktu tidur yang cukup dapat menyebabkan peningkatan kadar hormon stres kortisol dalam tubuh. Hormon ini memiliki beberapa dampak buruk seperti dapat menyebabkan peradangan yang mempengaruhi kualitas kulit, dan meningkatkan kondisi kulit seperti jerawat atau psoriasis.

Minimnya waktu istirahat yang cukup juga membuat kulit menjadi terdehidrasi yang pada akhirnya mengurangi aliran darah ke area wajah. Solusinya? Pastikan Clickmates tidur nyenyak selama 6-8 jam setiap malamnya.

Merumuskan Pola Tidur yang Benar

Cara kita tidur sebenarnya sangat mempengaruhi kualitas kulit kita juga. Tidur ke arah samping atau menekan wajah ke bantal dapat menyebabkan penuaan dini karena bantal biasanya akan “menarik” kulit dan memperdalam kerutan pada wajah.

Sebagai gantinya, cobalah untuk tidurlah terlentang agar kulit wajah “terbebas” dari kontak. Atau, gunakan sarung bantal berbahan lembut seperti bahan sutra atau satin untuk mengurangi gesekan antara kulit dan sarung bantal untuk menjaga kulit tetap sehat dan lembut.

Perhatikan juga bahwa sarung bantal dapat menjadi tempat berkumpulnya kotoran, bakteri, dan sel kulit mati. Tidur dengan bantal penuh kotoran dapat menyebabkan jerawat, kulit yang meradang, dan penyakit lainnya. Untuk menghindari masalah ini, ganti sarung bantal dua kali seminggu atau balik bantal selama pertengahan minggu. Selain itu, jangan lupa untuk mencuci bantal setidaknya sekali dalam kurun waktu 3-6 bulan.

Dengan penjelasan diatas, jelas sudah bahwa khasiat dibalik ‘tidur cantik’ terbukti bukan hanya mitos belaka. Well, kita juga semua tahu bahwa kulit dengan kesehatan dasar yang baik akan lebih mudah – dan lebih murah - untuk dapat diterapkan beberapa perawatan termutakhir. Baiknya lagi ditambah dengan produk night cream untuk perawatan di malam hari agar kulit selalu segar dan sehat. 

Click House menyediakan produk night cream terbaik diantaranya ada 3 yaitu Intensive Brightening Night Cream, yang berfungsi untuk  mencerahkan  wajah kulit wajah normal, Whitening Acne Night Cream sebagai Pencerah untuk kulit wajah berminyak/acne dan Skin Regeneration Night Cream Untuk kulit normal dan kusam. Jika Clickmates mau hasilnya lebih bagus dan long term sebaiknya diiringi dengan rutin kontrol ke dokter dan memberikan cream racikan dari resep dokter sesuai kebutuhan kulit kita.