26 June 2020 03.46

Inilah Mengapa Kulit Kering Membutuhkan Minyak

Kulit kering tidak memiliki kemampuan untuk menahan kelembaban. Menambahkan minyak topikal ke kulit dapat membantu meningkatkan kemampuan kulit untuk menahan air, serta menjaga iritasi, alergen, dan partikel berbahaya lainnya.

Dalam kebanyakan kasus, kombinasi bahan pelembab adalah pendekatan terbaik untuk melembabkan dan menenangkan kulit kering. Hal ini memang juga akan tergantung pada jenis kulit Clickmates, tapi  satu hal yang pasti adalah bahwa minyak sering dimasukkan dalam rejimen perawatan kulit untuk jenis kulit kering, karena mereka memiliki sifat menghidrasi dan anti-inflamasi yang luar biasa.

Mengapa Kulit Kering Membutuhkan Minyak?

Kulit kering secara alami tidak menghasilkan lipid (minyak) yang cukup untuk mempertahankan penghalang kulit yang sehat, yang terutama terdiri dari rasio asam lemak, ceramide, dan kolesterol 1: 1: 1. Menambahkan minyak yang tepat ke dalam perawatan skincare harian dapat membantu mengembalikan kadar lipid yang sehat ke kulit dan dengan demikian memperbaiki kondisi kering dan dehidrasi.

Ada tiga jenis utama varian minyak yang kerap digunakan dalam produk perawatan kulit:

  • Minyak sintetis. Minyak mineral dan petrolatum adalah dua contoh umum minyak sintetis. Jenis minyak ini adalah produk sampingan dari produksi bensin. Meski minyak mineral telah digunakan dalam kosmetik selama berabad-abad karena kemampuannya mencegah kekeringan, penelitian terbaru telah mengangkat kekhawatiran tentang kemungkinan kaitannya dengan jenis kanker tertentu.

  • Minyak nabati. Banyak minyak yang digunakan dalam perawatan kulit berasal dari sayuran dan tanaman lain termasuk minyak safflower, minyak biji anggur, dan minyak argan. Jenis-jenis minyak ini memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat, menjadikannya pilihan yang cocok untuk orang dengan tipe kulit kering dan sensitif.

  • Minyak hewani, Jenis minyak seperti lanolin dan minyak ikan berasal dari produk hewani. Minyak ini harus diproses sesuai dengan pedoman ketat untuk memastikan tingkat keamanannya.

Apakah Minyak Atsiri Cocok untuk Kulit Kering?

Minyak atsiri atau minyak esensial berada dalam ranah yang rumit, karena meskipun berasal dari tumbuhan dan bersifat alami, banyak dari jenis minyak ini dikenal memiliki sifat iritasi. Untuk Clickmates yang memiliki kulit kering atau sensitif, Kebanyakan orang mungkin tidak dapat mentoleransi sebagian besar minyak atsiri ini.

Namun bukan untuk mengatakan bahwa beberapa minyak atsiri tidak dapat bermanfaat karena minyak pohon teh, misalnya, bisa menjadi pengobatan topikal yang efektif untuk jerawat, selama tidak alergi terhadapnya. Periksakan diri Clickmates ke outlet Click House sebelum menggunakan bahan-bahan ini. 

Pada akhirnya, mengisi kembali konten lipid dalam kulit adalah langkah penting untuk memangkas potensi kekeringan dan pengelupasan. Gunakan produk Skin Comforting Cream dari Click House, Kandungan allantoin dan portulaca extract dapat berguna untuk melembabkan, mencegah kulit menjadi kering dan dapat melindungi kulit dari iritasi, sehingga dapat juga digunakan pada kulit yang cenderung sensitive. Selalu periksakan juga diri ke outlet Click House untuk perawatan kulit harianmu. Be safe ya Clickmates!