31 May 2023 09.37

Comedo 101: Asal-Usul, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Komedo merupakan kotoran pada pori-pori yang tersumbat dan dapat terbuka (Blackheads) yang terlihat seperti pori-pori membesar dan menghitam atau bisa juga tertutup (Whiteheads) yang terlihat seperti bintik kecil berawarna putih berada di atas pori-pori yang tersumbat. Penyebab utama munculnya komedo ini disebabkan karena tersumbatnya folikel rambut oleh akumulasi dari sel kulit mati yang bercampur dengan kelenjar minyak yang berlebih.

 

Perbedaan Whiteheads & Blackheads



 

Whiteheads dan blackheads adalah dua jenis yang berbeda, namun dapat diatasi dengan cara yang sama. Whiteheads adalah sel kulit mati berwarna putih yang tersumbat dan memiliki lapisan lebih tipis dibandingkan dengan blackheads.  Sedangkan blackheads merupakan folikel di bawah kulit dengan bintik berwarna hitam dan lubang yang lebih besar dan lebih menonjol.

 

Mengapa Komedo Dapat Terbentuk?




Komedo terbentuk ketika sel kulit mati dan minyak berlebih menumpuk secara bersamaan dan menyebabkan tersumbatnya pori-pori kulit. Minyak berlebih tersebut dihasilkan oleh kelenjar minyak (sebum) yang merupakan minyak alami kulit dan menjadi salah satu fungsi untuk anti penuaan alami yang dapat mempertahankan elastisitas wajah.

 

Penyebab Umum Komedo Muncul

 

1.    Kotoran Yang Tersumbat

2.    Genetik/Keturunan

3.    Perubahan Hormon

4.    Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Berlemak dan Gula

5.    Kulit Yang Terlalu Berminyak

6.    Obat-obatan

 

Faktor Yang Membuat Komedo Nyaman Tinggal Di Wajah

 

Tahukah Clickmates bahwa ada beberapa kondisi yang dapat meningkatkan risiko komedo dapat nyaman untuk tinggal pada wajah. Berikut beberapa faktor di antaranya:

 

1.    Sering Terpapar Sinar Matahari

2.    Kebiasaan Merokok

3.    Sering Memegang Wajah

4.    Tidak Rutin Membersihkan Wajah

5.    Menggunakan Produk Make-up/Skincare Tidak Sesuai Jenis Kulit

 

Tips Dalam Mengatasi Komedo Dengan Mudah



 

1.    Eksfoliasi Secara Teratur

 

Bukan rahasia lagi jika Clickmates ingin menghilangkan komedo salah satu caranya adalah dengan melakukan eksfoliasi. Dengan melakukan eksfoliasi minimal 1 minggu sekali dapat membantu mengangkat sel kulit mati, membersihkan pori-pori yang tersumbat secara menyeluruh, dan mengurangi munculnya komedo.

 

2.    Rutin Mencuci Wajah

 

Tips selanjutnya adalah rutin mencuci wajah setiap hari, apalagi disaat Clickmates sudah beraktivitas diluar yang dapat membuat kotoran dan debu menempel di wajah.  

Setelah membersihkan wajah, Clickmates dapat mengaplikasikan Click House Acne Glow Tonic yang dapat mengatasi kulit berminyak dan berjerawat, mengurangi produksi minyak, mengangkat sel kulit mati hingga mencegah komedo.

 

3.    Terapi Uap Panas

 

Tips lainnya yang dapat Clickmates coba adalah dengan melakukan terapi menggunakan uap panas. Dengan melakukan terapi uap panas akan memudahkan


Clickmates membuka pori-pori kulit sehingga dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan komedo secara mudah.

 

4.    Mencoba Treatment Signature Modern Facial

 

Signature Modern Facial merupakan  perawatan dengan menggunakan 11 tahapan facial modern yang berfungsi untuk menghilangkan komedo halus agar kulit wajah akan terasa halus dan cerah. Perawatan ini dapat di aplikasikan pada jenis kulit wajah normal dan juga jerawat ringan. Sudah mencoba treatmentnya? Yuk segera reservasi sekarang juga.

 

Agar Clickmates tidak bingung, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu bersama Dokter terbaik kami secara GRATIS melalui call center di 0817 850 888, atau silahkan datang langsung ke Click House terdekat di Melawai, Rawamangun, Tebet, Pantai Indah Kapuk, Bintaro, Gading Serpong, Bandung dan Bekasi. Kunjungi juga official online shop kami untuk mendapatkan berbagai produk Click House hanya di Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, TikTok, KALCare dan www.myclickhouse.com.

 

Ingin perawatan dengan hasil yang maksimal? #HanyadiClickHouse